Breaking News

Membuat Format Halaman Yang Berbeda Dalam Satu Dokumen

Selamat datang Kembali Buat Anda yang lagi mendalami Microsoft Office. Pada materi kali ini akan di jelaskan bagaimana cara membuat nomor halaman dengan format yang berbeda dalam satu file. Misalnya untuk halaman Cover tidak Pakai Nomor Halaman dan untuk Halaman Kata Pengantar, Daftar isi memakai format rowami (i). Begitu juga setiap Awal Bab Posisi Penomorannya di tengah bawah sedangkan untuk halaman berikutnya posisi penomoran di kanan Atas. 

Kasus penomoran ini biasanya muncul dalam Penulisan Skripsi, Pedoman penomoran diatur oleh ketentuan dari Fakultas Masing-masing. 

Untuk mengatasi kasus penomoran halaman skripsi, anda tak usah bingung karena disini akan dijelaskan tahapan-tahapan penomoran halaman dengan format yang berbeda.

Langsung aja ke TKP

Langkah pertama, bukalah dokumen MS Word yang akan diberi penomoran halaman. Jika sudah terbuka Klik pada Menu Tab Insert seperti ditunjukan lingkaran merah pada gambar dibawah.

Langkah kedua, lihatlah ke dalam Ribbon Header and Footer, setelah itu klik pada Menu Format Page Number lalu pilih pada Format Page Number. Perhatikan Video Berikut

Langkah ketiga, akan muncul tampilan jendela untuk mengatur page Number Format. Pilih Format romawi dan pilih start at i untuk memulai halaman dari romawi i dan seterusnya. Klik OK untuk membuat halaman tersebut.


Langkah Keempat, secara otomatis, pada halaman dimulai dari halaman romawi i dan halaman isi juga masih ikut format romawi.

Langkah Kelima, untuk mengatur bagian isi agar tidak bernomor halaman romawi, maka Anda dapat klik pada halaman terakhir romowi  x, maka Anda klik pada bagian dokumen halaman tersebut.

Langkah Enam, masuk ke dalam Tab Menu Page Layouts, dan pilih Break dilanjutkan klik Next Page.


Langkah Ketujuh, pada halam romawi x akan berubah menjadi romawi i (sebelumnya) xi

Langkah Kedelapan, jika sudah demikian, Anda klik pada teks halam romawi i tersebut, lalu pilih Menu Page Number dan pilih Format page Number .
Langkah Kesembilan, Atur bagian Format menjadi 1,2,3... dan bagian Start at menjadi 1. Klik OK untuk menyimpan hasil perubahan.

Dengan demikian, tampilan nomor halaman pada bagian isi berubah menjadi penomoran angka biasa yaitu diawali dengan nomor 1. Begitu juga langkah-langkah untuk dengan posisi yang berbeda.

Seperti Halaman isi nomor 2 posisinya di kanan atas



Setelah pengaturan yang Anda lakukan selesai. Kini di dalam satu dokumen, Anda memiliki penomoran halaman dengan format dan posisi yang berbeda.

Nah demikian cara membuat penomoran halaman yang berbeda dalam satu file. Semoga Bermanfaat dan jangan lupa Subscrip dengan cara memasukan email anda pada form dibawah, untuk mendapatkan kelanjutan dari materi Belajar Microsoft.

No comments